Sebanyak 224 pembalab TdS ke-X tahun 2018 resmi berpacu dari Lapangan Kantin Bukittinggi menuju Gedung Pancasila Sijunjung, Minggu (4/11/2018). (Ist)


Olahraga

224 Pebalap TdS 2018 Berpacu di Etape 1 Bukittinggi - Sijunjung

BUKITTINGGI (SumbarFokus)

Sebanyak 224 pebalap Tour de Singkarak (TdS) ke-X tahun 2018 baru saja secara resmi dilepas oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit meninggalkan Bukittinggi menuju Kabupaten Sijunjung, Minggu (4/11/2018).

Pada etape 1 ini peserta TdS 2018 akan menempuh jarak sepanjang 140.5 kilometer dengan menaklukkan tiga sprint dan dua king of Mountain, yang dimulai sekitar pukul 10.45 WIB di depan Lapangan Kantin Bukittinggi dan finish di Gedung Pancasila Kabupaten Sijunjung.

“Semoga untuk etape 1 hari ini berjalan lancar sampai finish di Sijunjung. Kita berharap kesuksesan TdS 2018 ini hingga etape 8, dan tahun 2019 kita laksanakan kembali lebih meriah,” kata Nasrul sebelum melepas 21 tim peserta dari 13 negara tersebut di Bukittinggi, Minggu pagi.


Sementara Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias selaku tuan rumah Grand Start TdS ke-X tahun 2018 menyebutkan, momentum ini merupakan ajang promosi pariwisata Bukittinggi secara luas. Sekaligus untuk memikat wisatawan lokal, nasional, dan mancanegara untuk berkunjung ke daerah Sumbar.

“Dengan adanya TdS ini semakin banyak yang berkunjung ke Sumbar, apalagi ke Bukittinggi yang memiliki wisata yang menakjubkan,” kata Ramlan.

Adapun rute yang dilewati etape 1 ini dimulai dari Lapangan Kantin Bukittinggi, menuju Panorama, Pasar Banto, Simpang Tarok, Simpang Tangah Jua, dan Simpang Bypass. Kemudian menuju Baso, Tabek Patah, Sungai Tarab, Batusangkar, Istano Pagaruyung, Saruaso, Sitangkai di Kabupaten Tanah Datar, Tanjung Ampalu, Jalan Lintas Sumatera, dan berakhir di Gedung Pancasila Sijunjung.

Sebanyak 224 pebalap yang memperebutkan hadiah Rp2,3 miliar itu berasal dari Korea Selatan, Jepang, China, Iran, Laos, Filipina, Kamboja, Malaysia, Jerman, Australia, dan tuan rumah Indonesia.

Sedangkan 21 tim yang berlaga yakni, 7-Eeleven, Cliqq Roadbike Philippines (Filipina), Bike Aid (Jerman), Bike Life-Dong Nai (Vietnam), Forca Amskins Racing (Malaysia), Kyoto Sangyou University (Jepang), LX Cycling Team (Korea Selatan), Mes Keramn (Iran), Nex-CCN (Laos), Ningxia Sports Lottery-Livall Cycling Team (China).

Selanjutnya Omidnia Mashhad Team (Iran), PCS Cycling Team (Kamboja), St George Continetal Cycling Team (Australia), Team Go For Gold (Filipina), Team Sapura Cycling (Malaysia), Trengganu Cycling Team (Malaysia), dan Thailand Continental Cycling Team (Thailand).

Kita Peduli!

Sebaliknya lima tim dari tuan rumah, Indonesia yakni Advan Custom Cycling Team, BRCC Banyuwangi, KFC Cycling Team, PGN Road Cycling Team, dan Padang Road Bike (PRB) tim dari Sumbar. (005)

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2020