Martinus Dahlan Sekda Kepulauan Mentawai. (Foto: Ist.)


Pemerintahan

Soal Rekrutmen Tenaga Kontrak, Sekda Kepulauan Mentawai Imbau OPD Patuhi SE

TUAPEIJAT (SumbarFokus)

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai meminta agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang akan melakukan rekrutmen Tenaga Kontrak agar menaati Surat Edaran (SE) Sekretaris Daerah Kepulauan Mentawai Nomor 800/BKPSDM/2019 tentang Pengadaan Evaluasi Tenaga Kontrak.

Sekertaris Daerah Kepulauan Mentawai (Sekda) Martinus Dahlan mengatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah semestinya menjadikan SE Stersebut sebagai evaluasi dalam proses perpanjangan kontrak kerja di lingkungan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Untuk evaluasi tenaga kontrak yang sudah bekerja di tahun 2019 itu kan cukup mengikuti tes wawancara dan dokumen lamaran dengan menyatakan sebagai pekerja yang berkelakuan baik dan tidak ada melanggar aturan,” sebut Martinus pada SumbarFokus di ruang kerjanya, Jumat (20/12/2019).


Ditambahkan, dalam SE Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai Nomor 800/BKPSDM/2019 tentang Tindak Evaluasi Tenaga Kontrak, dijelaskan bahwa bagi yang ingin melanjutkan kerja juga wajib memiliki kelakuan baik. Itu layak dipertanyakan, dan jika memenuhi akan diperpanjang kontrak kerjanya. Sebaliknya, jika tenaga kontrak kerja daerah melakukan tindakan buruk akan diberhentikan. Tindakan buruk contohnya melakukan penyalahgunaan narkoba, judi, miras, dan lainnya. Ditegaskan, jika tindakan buruk seperti ini, tidak akan ada toleransi dan akan diberhentikan total.

Terkait libur perayaan Natal kristiani, Martinus juga menegaskan bahwa ASN hanya diliburkan pada tanggal 24 dan 25 Desember.

“Selanjutnya masih masuk kerja bagi ASN Kepulauan Mentawai,” tukasnya.

Dikatakan, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertanggungjawab untuk memastikan seluruh ASN-nya turut menaati aturan. Apabila ditemukan pelanggaran, akan diproses untuk diberikan teguran yang akan berpengaruh pada penilaian kinerja. (017)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018