Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam, Yunaidi. (Foto: Anizur)


Lain-lain

Delapan Kepala SMA sederajat dari Agam Ikuti Bimtek Soal Bencana

AGAM (SumbarFokus)

Untuk meningkatkan kesiapsiagaan warga sekolah yang tinggal di kawasan rawan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) bagi Kepala SMA sederajat se-Sumbar yang berlangsung tiga hari mulai Selasa hingga Kamis (19-21) di Hotel Daima Padang.

Kabupaten Agam mengutus delapan Kepala SMA sederajat untuk mengikuti Bimtek yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit itu. Di antaranya SMAN 1 Baso, SMAN 1 Banuhampu, SMAN Tanjung Raya, SMA Muhammadiyah Tanjung Mutiara, SMKN 1 Matur, SMKN 1 Tanjung Mutiara, SMK Berbasis Pesantren Tanjung Mutiara, dan MAN Maninjau.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi turut mendampingi kedelapan Kepala SMA sederajat tersebut.


"Dengan mengikuti bimtek SPAB, diharapkan peserta dapat mendalami materi yang disampaikan, sehingga bisa dipahami dan dikembangkan pada siswa di sekolah," ujarnya.

Yunaidi berpendapat, pengetahuan tentang kebencanaan harus disosialisasikansecara menyeluruh, agar bisa mengurangi resiko atau korban apabila terjadi bencana. Apabila ilmu ini diterapkan, sekolah-sekolah menjadi tangguh dalam menghadapi resiko bencana.

“Bencana memang tidak dapat dihentikan, namun setidaknya kita dapat meminimalisir dampaknya,” katanya. (007)

 

Editor :  -

COPYRIGHT © SUMBARFOKUS 2018